Djoko Edhi Abdurahman Anggap, Hakim Agung Kasasi Baiq Nuril, Tidak Lulus Baca UU & Layak Disingkirkan

JAKARTA_JEMARINET – Kasus “Baiq Nuril” terus saja menggelinding dan mengundang simpatik masyarakat, pengacara sekaligus kuasa hukum beken, Hotman Paris Hutapea, ikut mengajak masyarakat agar memberikan dukungan moril terhadap Baiq Nuril, guru honorer yang justru menjadi terhukum, dengan alasan hakim tingkat kasasi, jika Nuril telah menyalahi UU ITE, karena dianggap menyebarkan rekaman asusila yang berisikan suara milik kepala sekolah tempat nuril mengajar sebagai guru honor.

Hotman menekankan pada kalimat, “Seseorang tanpa Hak, menyebarkan hal hal yang asusila,” yang tercantum dalam Pasal 27 UU ITE, pada ayat 1, menurut Hotman perlu digarisbawahi, karena Nuril adalah korban, jadi sudah sepantasnya Nuril berhak untuk mempublikasikan penderitaannya. Karena Nuril sebagai korban sedang membela diri, dan sudah tentu tidak ada niat untuk merugikan orang lain.

Sementara itu mantan Anggota DPR RI Komisi III, Djoko Edhi Abdurrahman, lebih keras lagi menanggapi kasus Nuril, menurutnya kasus ini seharusnya sudah dihentikan sejak Hakim Pengadilan tingkat 1 sudah menyatakan Nuril bebas dari tuduhan.

“Ini sudah selesai di pengadilan tingkat 1 karena sudah diputus bebas, jadi kesalahan ada pada hakim kasasi, tolog singkirkan saja Hakim Agung yang tidak lulus baca UU,” ujar Edy melalui akunnya @jokoedy6, kesal dengan tindakan hakim kasasi yang menjatuhkan hukuman kepada nuril 6 bulan penjara.

Sementara itu permintaan Hotman kepada seluruh wanita di Indonesia agar membuat petisi atau membubuhkan tandangan sebanyak banyaknya agar dirinya bisa mengajukan langkah hukum membela Nuril kepada Kejaksaan Agung, agar tidak ditahan, mendapatkan respon.

Salah satunya adalah Anggota DPD RI, Senator DKI Jakarta, Fahira Fahmi Idris yang mengajak seluruh pengguna sosmed, khususnya wanita untuk menandatangani petisi untuk Nuril agar bisa dibebaskan dari tuntutan hukum.

(Jall/sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *