Waduh…! Distribusi Surat Suara Kab. Tuban Pakai Kardus “Supermie” & Air Mineral

JEMARI JATIM – Kejanggalan pemilukada di Provinsi Jawa Timur, mulai menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Dikarenakan surat suara untuk pemilih di wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dikirim dengan hanya menggunakan kardus supermie.

Hal in terungkap ketika surat suara beserta alat lainnya yang seharusnya diterima dalam sebuah kotak suara yang bersegel, ternyata hanya dikemas dalam kardus bekas “Supermie” dan bekas air mineral.

Sudah tentu, hal ini rawan kecurangan karena surat suara tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh oknum oknum tertentu, karena kardus penyimpanan surat suara mudah disobek dan ditukar kembali.

Namun rupanya pihak KPU Tuban merasa jika yang dilakukannya tidak melanggar aturan, dikarenakan kardus yang dipakai bukanlah sebuah proyek pengadaan namun hanyalah untuk mendistribusikan surat suara.

“Tidak melanggar aturan pemilu, karena kardus itu untuk mengirim surat suara, bukan (proyek) pengadaan,” ujar, Nur Hakim, selaku Komisioner Divisi Umum dan Logistik KPUD Tuban.

Menurutnya, di KPUD Tuban bukannya tidak ada kotak suara untuk mengisi surat suara yang akan dikirim ke wilayahnya, namun dikarenakan kotak suara yang ada dianggap tidak dapat memenuhi seluruh perangkat keperluan pemilukada Provinsi Jawa Timur nanti.

Untuk wilayah Tuban sendiri, terdapat 20 wilayah kecamatan yang mendapat distribusi pemilukada serentak 27 Juni nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *