Walikota Johannesburg Skors Anggota Dewan, Karena Dukung Israel, Bagaimana Dengan Wantimpres Presiden Jokowi ??

JEMARI INTERNASIONAL – Jika Staff Khusus Presiden Joko Widodo, Yahya Cholil Staquf yang begitu mesra dengan pihak Israel ketika memenuhi undangan sebagai pembicara di acara forum Israel dikecam oleh berbagai pihak, termasuk dengan beberapa petinggi NU, dimana Yahya juga selaku Rais Aam NU.

Namun kecaman itu tidak membuat Presiden Joko Widodo membuat evaluasi kembali terkait dengan jabatan Yahya yang baru saja diangkat sebagai Wantimpres menggantikan posisi almarhum Kyai Hasjim Muzadi.

Namun sayangnya Jokowi justru terkesan membela Yahya dengan menyebutkan jika kedatangannya ke Israel tidaklah perlu diributkan, karena Yahya datang bukan atas nama negara atau sebagai wantimpres namun sebagai pribadi Yahya sendiri.

Lain Indonesia, lain pula dengan Negara Afrika Selatan, walaupun hanya menjabat sebagai seorang Walikota, namun Herman Mashaba, Walikota Johannesburg, Afrika Selatan, justru bertindak lebih tegas, dengan memberhentikan seorang wanita muda yang juga menjadi anggota dewan Kota Johannesburg dari tugas dan jabatannya.

Mpho Phalatse, Anggota Dewan Senior tersebut, terpaksa harus menerima kenyataan jika pernyataannya dalam sebuah acara yang dinamakan “Pro-Israel”, Mpho menyebut dan mengklaim sepihak, jika Kota Johannesburg adalah teman Israel.

Photographer Credit: Esa Alexander/Sunday Times

“Saya menyatakan, bahwa saya adalah teman Israel dan kota Johannesburg adalah teman negara Israel,” katanya, seperti dalam sebuah video yang beredar dimana ditayangkan pidatonya.

Herman rupanya tidak menerima pernyataan Anggota Dewan yang memiliki tugas dan tanggung jawab tentang kesehatan di Johannesburg ini. Bahkan Mpho Phalatse harus menghadapi penyelidikan oleh pihak terkait.

“Saya memutuskan untuk menskors, dan menunggu penyelidikan lebih lanjut terkait pernyataan tersebut,” ujar Herman kepada publik. Phalatse sendiri adalah anggota dari oposisi utama Afrika Selatan.

Bukan kali ini saja kejadian terkait dengan penolakan pihak Afika Selatan terhadap negara Israel. Sekitar bulan lalu, Afrika Selatan dengan tegas menarik duta besarnya dari Israel, ketika pasukan Israel membantai 62 orang warga Palestina, yang melakukan protes damai atas pernyataan dan tindakan sepihak AS yang memindahkan kantornya ke Yerusalem.

(tim)

One Response to Walikota Johannesburg Skors Anggota Dewan, Karena Dukung Israel, Bagaimana Dengan Wantimpres Presiden Jokowi ??

  1. […] Berita terkait http://www.jemari.net/2018/06/16/walikota-johannesburg-skors-anggota-dewan-karena-dukung-israel-baga… […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *