Dirjen Dukcapil, Minta Warga Tenang, Karena Yang Tercecer Di Bogor KTP Rusak

JEMARI JAKARTA – Kejadian tercecernya KTP-E di Bogor kemarin, yang kemudian menjadi bahan tontonan warga, lalu viral di sosial media, banyak memunculkan beragam tanggapan dan perkiraan, terkait apa yang terjadi, bahkan netizen juga menanggapi dan menghubungkan dengan kejadian kepemilikan KTPE oleh warga yang ditengarai bukan asli Indonesia, namun bisa memiliki KTPE walaupun harus menjiplak KTPE milik warga asli Indonesia, dengan cara mengganti nama dan foto.

Pihak Kementerian Dalam Negeri rupanya tidak ingin menjadi bulan bulanan masyarakat, hingga Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Zudan Arif Fakrulloh, melakukan klarifikasi jika KTP yang ditaruh dalam kardus mie, dan kemudian tercecer di jalan adalah KTP rusak.

“Seditjen Dukcapil I Gede Suratha bersama sama dengan pihak Polsek Kemang dan Polres Kabupaten Bogor usai melakukan pengecekan, mendapati jika KTP tersebut adalah KTP rusak atau invalid,” ujarnya dalam keterangan pers, Minggu (27/5/18).

Kejadian hingga tercecernya di wilayah Simpang Salangbeda, Desa Parakansalak, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, dikarenakan KTP rusak tersebut akan dibawa ke gudang penyimpanan milik Kemendagri di  Semplak Bogor, dari Gudang penyimpanan sementara Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Bahkan menurutnya, pemindahan tersebut, dilakukan dan disaksikan langsung oleh petugas dari Kemendagri dari Pasar Minggu ke penyimpanan di Semplak Bogor.

Zuldan menepis beberapa keterangan yang beredar di sosial media yang menyebutkan jumlahnya yang mencapai hingga berpuluh karung. Karenanya dia meminta agar keterangan keterangan yang muncul, baik melalui postingan di sosial media, ataupun link berita, jika jumlahnya mencapai hingga puluhan karung, agar disampaikan kepadanya, untuk ditelusuri, termasuk dengan adanya foto foto yang menyebar.

“Agar masyarakat bisa mendapatkan keterangan secara resmi, dari pihak Kemendagri,” pungkasnya.

(jall/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *