Jelang Lebaran, Daging Ayam Berformalin Ditemukan Di Blitar

JEMARI JATIM – Tim gabungan yang terdiri dari, Kasat Pangan Kabupaten Blitar, Dinas Peternakan dan Perikanan beserta Tim Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Makanan dan Obat (TKP2MO) Kabupaten Blitar melakukan sidak di Pasar Kesamben serta di janggal sapi tunggal,selasa (22/5).

Dalam sidak tersebut, ditemukan dan dicurigai ada sejumlah daging hewan yang di awetkan sehingga mengandung zat kimia yang berbahaya. Sedangkan kasus ini akan di kembangkan,seterusnya lebih akurat uji labkan di Laboratorium Veteriner Jogjakarta.

”Dalam sidak kali ini, mencurigai satu daging ayam yang mengandung bahan kimia berbahaya, oleh karena itu kita akan lakukan tindakan pengembangan di laboratorium.” Kata Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner, Kabupaten Blitar Muhamad Imanudin.

Sidak itu juga berfokus ke makanan olahan daging seperti bakso, yang mengandung bahan kimia seperti boraks dan formalin. Dari hasil sidak tersebut petugas belum menemukan adanya indikasi pencampuran bahan kimia, namun di sisi lain tidak dipungkiri terhadap perilaku pencampuran zat kimia dalam bahan makanan yang mereka jual.

Satgas Pangan Polres Kabupaten Blitar, dalam hal ini berperan sebagai pendamping dan pengamanan untuk mendampingi jalannya acara biar berjalan sesuai ketentuan.

(dn.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *